Fakta menarik tentang Manchester United

Manchester United FAO Brendan Monks

Manchester United
FAO Brendan Monks

Fakta #1 – Manchester United bukanlah pilihan utama yang dijadikan nama klub sekarang ini. Ketika dibentuk tahun 1878, klub ini diberi nama Newton Heath LYR Football Club merujuk pada departemen Carriage and Wagon di kota Lanchashire dan Yorkshire Railway depot di Newton Heath. Nama itu diubah jadi Manchester United Football Club tanggal 24 April 1902 karena perubahan kepemilikan.

Fakta #2 – Red Devils atau Setan Merah adalah tim Inggris pertama yang tampil di Piala Eropa, sekarang Liga Champions. Meski fakta bahwa Football League menolak partisipasi tim sepak bola Inggris di ajang Eropa tersebut, Manchester united ikut serta di ajang Piala Eropa 1957 sebagai tim sepak bola Inggris pertama yang melakukannya. Sebelum mereka dikalahkan Real Madrid di semi final, klub ini berhasil mengalahkan Anderlecht FC dari Belgia dengan skor 10-0. Skor ini tetap jadi kemenangan terbesar hingga saat ini.

Fakta #3 – Bencana Munich Air 1958 yang merenggut 8 nyawa pemain. Kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 6 Januari 1958 merenggut 8 nyawa pemain Setan Merah. Mereka adalah Duncan Edwards, mark Jones, Geoff Bent, Eddie Colman, David Pegg, Roger Byrne, Tommy Taylor, dan Billy Whelan. Setelah memenangkan pertandingan menghadapi Red Star Belgrade FC, pesawat yang membawa pemain tim, official dan jurnalis jatuh di Munich, Jerman. Total 23 penumpang tewas dalam kecelakaan itu sementara yang lainnya cidera.

Fakta #4 – Klub memegang banyak rekor gelar. Klub ini berhasil memiliki rekor terbanyak gelar divisi utama (20 kali), gelar Liga Primer terbanyak (20 kali), FA Cup sebanyak 11 kali, dan penampilan final FA Cup terbanyak (18 kali). Setan merah juga terkenal sebagai tim sepak bola Inggris yang pertama kali mengangkat gelar Piala Eropa di tahun 1968.

Fakta #5 – Setan Merah kekurangan gelar Liga Eropa. Meski fakta bahwa Manchester United berhasil masuk ke perempat final tahun 1984-85, tim ini sejauh itu hanya berhasil memenangkan satu gelar Liga Champions di tahun 2008.